-->

Tutorial Cara Info Mudah

Blog yang memberikan tips, trik, cara, tutorial, info, dan lain-lain dengan cara mudah dan cepat.

5/03/2018

Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G LTE di Android dengan Mudah

 "Zaman sekarang masih pakai 3G?" Itu lah perkataan sekaligus sindiran yang sangat menyakitkan bagi para pemakai koneksi internet 3G, Walau pun saya sendiri masih memakai 3G dengan alasan karena smartphone saya tidak lulus TKDN hehehehe walaupun saya sebenarnya ingin menggunakan 4G karena harga kuotanya yang lebih murah dibandingkan dengan jaringan 3G. Nah bagaimana dengan kalian? Apakah masih betah dengan kecepatan 3G atau sudah muak dengan keleletannya dan ingin segera mencicipi 4G? Kalau saya sih tidak terlalu terpengaruh dengan kecepatannya toh saya hanya menggunakan jaringan data ponsel untuk sekedar chattingan saja. Namun, jika kalian sudah muak dengannya kalian bisa mengikuti tutorial yang akan saya bagikan ini.

Jaringan 4G
Jaringan 4G


Jika kalian ingin menggunakan jaringan 4G kalian harus memastikan beberapa hal yang harus kalian penuhi. Berikut ini beberapa persyaratannya:
  • Pastikan hardware smartphone kalian support dengan jaringan . Untuk mengetahuinya kalian bisa melakukan cek di GSMARENA
  • Cek apakah smartphone kalian lolos TKDN. Kalian bisa mengeceknya di https://sertifikasi.postel.go.id/sertifikat
  • Kartu perdana yang support 4G. Jika Kartu perdana kalian belum support 4G kalian bisa menggantinya di gerai terdekat di daerah anda sesuai dengan operator masing - masing.
  • Daerah yang sudah support 4G. Jika daerah kalian belum support silahkan pindah rumah hahahaha.
Jika semua syarat diatas sudah terpenuhi kalian bisa langsung mengikuti beberapa tutorial dibawah ini:

1. Lewat Pengaturan Smartphone

Pengaturan Smartphone
Settings Logo

Masuk ke Settings > SIM & Network pada smartphone kalian lalu nanti akan muncul beberapa pilihan silahkan anda pilih 2G/3G/4G. Namun, pada beberapa kasus pilihan jaringan 4G pada settings tidak keluar, tapi tenang saja hal ini masih bisa diakali dengan dial pad.

2. Menggunakan Dial Pad

Dial Pad
Tampilan Dial Pad

Jika pada settings tidak keluar pilihan jaringan 4G kalian bisa mencoba mengganti prefensi jaringan ke dial pad. Caranya dengan masuk ke dial pad dan menekan *#*#4636#*#* lalu pencet tombol telepon. Jika pada dial pad dengan *#*#4636#*#* mengalami error atau tidak berfungsi kalian bisa menggunakan aplikasi. Kalian bisa mencobanya dengan aplikasi. Khusus Smartphone android Meizu silahkan menggunakan *#*#4321#*#* maka nanti secara otomatis 4G akan muncul. 

3. Install Aplikasi "Hidden Android Settings"

Hidden Android Settings
Hidden Android Settings untuk 4G

Pertama install terlebih dahulu aplikasi "Hidden Androis Setttngs" di Playstore. Jika kalian sudah mengistall selanjutnya buka aplikasi tersebut dan klik "RadioInfo" maka akan muncul pilihan jaringan.

Nah itu dia beberapa tutorial yang bisa kalian lakukan untuk mengaktifkan 4G pada smartphone android kalian. Jika dengan tutorial tersebut masih belum bisa mungkin smartphone kalian belum support jaringan 4G. Saya rekomendasikan untuk menabung dan membeli smartphone 4G hehehehe.

Semoga bermanfaat ya kawan.
Author Profile

By Fikri Syahfalaq

0 Komentar Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G LTE di Android dengan Mudah

Post a Comment

Silahkan Berkomentar

Back To Top