Cara Menambah RAM di HP Android Memangnya Bisa?

 Cara menambah RAM pada hp android - Jika kalian memiliki smartphone android pasti terkadang kalian merasa android kalian semakin lambat. Salah satu faktor yang menyebabkan melambatnya android anda adalah penggunaan RAM yang semakin besar. Tanpa anda sadari semakin lama anda memakai android maka akan semakin banyak aplikasi yang anda install. Karena aplikasi telah banyak terinstall di perangkat anda otomatis RAM pada android anda akan semakin terbebani dikarenakan banyaknya aplikasi yang berjalan. Untuk itu disini saya akan memberikan solusi bagi kalian yang merasa hp androidnya semakin lemot karena kapasitas RAM yang kecil.
Cara Menambah RAM di HP Android
 Mudah saja jika masalah ini terjadi di PC. Kalian hanya tinggal menambah kapasitas RAMnya. Tetapi di android kalian tidak bisa menambah kapastitas RAM dikarenakan RAM sudah menyatu dengan mother board-nya. Tetapi tenang saja anda masih bisa mengakalinya dengan cara menambah performa RAM pada android. Nah disini saya akan membahasnya.

1. Menggunakan RAM Expander

RAM Expander


Bahan yang akan kita gunakan:
Syarat:
  • Sudah Root
  • Support kernel swap dan ROM swap
Tutorial:

  1. Install aplikasi RAM Expender (linknya sudah ada tadi diatas)
  2. Buka jika sudah diintsall buka aplikasinya lalu pilih SD Card Directory untuk digunakan sebagai pengoptimalan kerja RAM.
  3. Isi dengan beberapa MB saja (Contoh: 500MB) tergantung seberapa banyak sisa ruang yang tersedia di sd card kalian. Jika kalian tidak ingin ribet pilih saja Optimal Vulue yang berada dibawah pojok kiri, nanti dengan sendirinya aplikasi akan menentukan ukurannya.
  4. Lalu pada swappines isi tergantung smartphone anda karena setiap smartphone memiliki kecocokan yang berbeda - beda. Pilih lah antara 100 - 0.
  5. Jika semuanya telah kalian isi maka kalian sudah bisa mengaktifkan swap ram dengan menyetuh swap active. Ketika proses ini mungkin akan sedikit memakan waktu. Bersabarlah karena jika anda langsung menutup aplikasi ini maka ponsel anda akan mengalami hang ata lag.
  6. Lalu jika anda ingin menjalankan otomatis swap ini setiap kali ponsel anda melakukan booting centang saja autorun. Tapi jika kalian hanya ingin menggunakan ini pada saat waktu tertentu seperti pada saat main game maka tidak usah centang autorun, cukup masuk aplikasi ini lalu aktifkan.


2. Menginstall JUWE RAM Script


RAM Expander
Syarat: 
  • Ponsel Rooting
  • Terinstall CWM / TWRP
  • Support init.d
Bahan:
  1. JUWE RAMSCRIPT.ZIP
Langkah - langkah:
  1. Download  terlebih dahulu file zip diatas lalu taruh di sd card.
  2. Masuk ke TWRP atau CWMR.
  3. Pilih install zip from sd card.
  4. Pilih file zip tadi dan tunggu proses flashnya.
  5. Reboot smartphone anda.
Nah itu dia tutorial tentang Cara Menambah RAM di Android. Jika anda memiliki cara lain atau kesulitan dalam mengikuti langkah - langkah diatas mungkin bisa share di kolom komentar. Terimakasih. Jangan lupa sebarkan postingan ini kepada teman - teman anda.

Postingan lain:

Cara Upgrade OS Android
Cara Menampilkan Subtitle Film di Android


Facebook Comments

0 komentar

Silahkan Berkomentar