3 Cara Membeli Rumah di Indonesia dengan Aman

Cara membeli rumah, apa saja hal penting yang tak boleh Kalian lewatkan. Membeli rumah adalah investasi yang bernilai besar, di mana Kalian harus melakukannya dengan hati-hati, jangan sampai ada hal penting yang terlewatkan. Mari baca selengkapnya.

Cara membeli rumah

Cara membeli rumah

1. Agen properti
Agen properti

Sekarang agen properti sudah semakin banyak. Jika Kalian tak ingin repot, maka Kalian bisa membeli rumah dengan bantuan agen properti. Kalangan menengah ke atas yang semakin banyak menyebabkan pertumbuhan agen properti pun menjadi subur. Di mana kebutuhan tempat tinggal juga semakin urgent. Agen properti adalah penjual rumah yang terorganisir, walaupun harganya akan semakin mahal, karena ini ibarat menggunakan perantara. Membeli rumah melalui agen properti boleh Kalian lakukan jika Kalian memiliki budget berlebih.

2. BTN
BTN


Bagi Kalian yang gajinya kecil namun ingin membeli rumah di Indonesia, Kalian bisa menabung di BTN. Apalagi BTN sudah melaunching produk keuangan berupa tabungan kredit rumah. Tujuannya supaya tak hanya karyawan saja, melainkan juga orang-orang yang bekerja pada sektor non-formal juga bisa mengajukan KPR. Caranya yakni menabung dengan rutin untuk jangka waktu paling tidak 1 tahun. Jika lancar maka pihak BTN pun akan melihatnya sebagai sebuah track record pertimbangan dari seseorang yang mengajukan kredit. Sebisa mungkin Kalian usahakan menabung per bulannya dengan besaran angsuran rumah yang mau Kalian ambil. Semua ini bertujuan agar BTN dapat melihat kemampuan Kalian dalam proses mengangsur tersebut.

3. Pengajuan KPR
Pengajuan KPR


Terkait KPR, maka yang ikut berpengaruh yaitu uang muka, harga rumah, besar cicilan, besaran gaji, dan lama angsuran. Kesemua elemen tersebut akan ikut mempengaruhi satu dan lainnya di dalam proses mengajukan KPR. Apabila salah satu dari komponen tersebut ada yang Anda kurangi, elemen lainnya harus lebih tinggi. Contohnya saja apabila cicilan dari kredit KPR per bulannya mau Anda turunkan, jadi uang muka pun harus Anda tambah, karena apabila tidak, maka lama cicilan akan diperpanjang. Melihat kondisi ini, Anda memang wajib berpikir lebih dalam menentukan pembelian rumah menggunakan metode kredit.

Dalam proses pembelian rumah, maka Anda wajib menentukan rumah mana yang mau dibeli terlebih dahulu. Untuk Anda dapat menentukan rumah tersebut, ada 2 hal yang bisa Anda lakukan, yakni Anda mendatangi bank kemudian meminta informasi mengenai lokasi-lokasi rumah yang memang tersedia untuk melakukan kredit KPR. Atau, Anda bisa juga mencari sendiri rumah tersebut, maupun perumahan, dari koran, internet, hingga survey langsung menuju beberapa lokasi yang terpampang di iklan terkait rumah KPR. Supaya lebih efektif lagi, maka Anda sebaiknya langsung mencari hingga beberapa alternatif pilihan rumah yang Anda rencanakan untuk dibeli. Sekian artikel tentang cara membeli rumah di Indonesia, semoga bermanfaat.

Postingan Menarik:
Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak yang Bagus
Cara Membuat Kartu Debit Payoneer Gratis Aman
Facebook Comments

0 komentar

Silahkan Berkomentar