Cara Root dan Install Custom Recovery Samsung Galaxy Grand 2 untuk Kitkat dan JellyBean

Samsung Galaxy Grand 2 SM G7102 merupakan smartphone dari samsung yang rilis pada bulan januari 2014. Walaupun rilisnya telah lama namun masih banyak pengguna android yang menggunakan smarphone besutan samsung ini. Pada masa - masa awal rilisnya ponsel ini merajai pasar smarphone android. Namum dikarenakan ponsel ini termasuk ponsel lama jadi mungkin beberapa user yang menggunakan grand 2 ingin melakukan beberapa kustomisasi pada grand 2nya untuk menunjang peformanya atau karena bosan dengan tampilannya.
Cara Root dan Install Custom Recovery Samsung Galaxy Grand 2

Beberapa kustomisasi perangkat android memerlukan akses root untuk menjalankan kustomisasi tersebut. Apa itu root? Jika kita root android berarti kita mempunyai akses untuk mengubah file sistem yang berada di android kita. Pada umumnya akses yang diberikan untuk pengguna seperti kita dibatasi. Masih banyak pengguna yang masih tidak tahu bagaimana cara root samsung galaxy grand 2. Nah disini kita akan memberikan tutorialnya untuk versi android kitkat dan jellybean kepada kalian yang pasti dengan mudah dan bisa dipahami oleh kalian dengan cepat. Langsung saja berikut ini tutorialnya.

Note: Do With Your Own Risk
Android Root

Bahan untuk jellybean:



  • Samsung USB Driver (Dapatkan Disini)
  • TWRP_ms013g-build2.Tar (Linknya Disana)
  • UPDATE-SuperSU-V2.46.zip (Ini aja)
  • Odin 3.09 (Tuh)
Bahan untuk Kitkat
  1. Pindahkan file Update_SuperSU pada SD Card jangan diletakan dalam folder apa pun.
  2. Install Samsung USB Driver di PC anda jika sudah punya tidak perlu diinstall
  3. Sambungkan samsung galaxy grand 2 ke PC menggunakan Kabel USB
  4. Buka Odin. Jika android anda terdetek oleh odin pada kolom id:com akan terdeteksi. Jika sudah terdeteksi pada kolom AP pilih file custom recovery tadi. (Contoh: TWRP)
  5. Lalu matikan hp kalian. Setelah mati masuk ke download mode dengan cara menekan Volume bawah + Tombol Home + Tombol Power.
  6. Lalu nanti muncul warning, pencet saja volume atas untuk melanjutkan ke download mode.
  7. Setelah masuk ke download mode pilih start pada Odin.
  8. Tunggu proses flashing recovery selesai.
  9. Setelah prosesnya selesai nanti hp akan reboot dengan sendirinya.
  10. Matikan kembali ponsenya lalu masuk ke recovery mode dengan cara menekan volume atas + home + tombol power. Jika custom recovery sudah terinstall dengan baik maka yang akan muncul adalah tampilan custom recovery
  11. Lalu jika sudah di custom recovery pilih install zip → choose zip from external_sd →  dan pilih yang 0 → pilih update supersu → lalu pilih yes → install update
  12. Terus tunggu prosesnya jika sudah kembali ke menu awal dengan tombol back dan pilih reboot system now.
  13. Jika ada pilihan fix root blablabla pilih aja fix dan jika ada pilihan disable flash recovery, pilih disable.
Selamat samsung galaxy grand 2 kalian berhasil diroot. Sekarang kalian bisa mengkustomisasi perangkat kalian dengan bebas. Sekian tutorialnya dari kami. Jika terdapat pertanyaan bisa ditanyakan pada kolojm komentar. Terimakasih.

Postingan Menarik Lain:
Facebook Comments

0 komentar

Silahkan Berkomentar