-->

Tutorial Cara Info Mudah

Blog yang memberikan tips, trik, cara, tutorial, info, dan lain-lain dengan cara mudah dan cepat.

3/09/2018

Cara Mengatasi Windows Tidak Bisa Update dan Windows Update Tidak Jalan

 Ketika saya mempunyai laptop baru bermerk HP yang sudah terinstall windows 10, saya mengalami masalah pada wifi laptop tersebut dan saya berhipotesa bahwa laptop saya harus diupdate dulu karena mungkin windows 10 yang terinstall pada laptop saya kurang up to date. Tetapi ketika saya mencoba untuk melakukan update windows 10 ternyata muncul pesan error. Setelah saya berselancar di internet akhirnya saya mendapatkan pencerahan untuk masalah tersebut dan setelah saya mempraktekannya windows saya bisa terupdate dengan baik. Untuk itu saya ingin membagikan kepada kalian langkah - langkah yang saya lakukan ketika saya mengalami masalah tersebut. Tutorial ini juga berlaku bagi windows 7, 8, dan  10

Mengatasi Windows Tidak Bisa Melakukan Update

  1. Cari "services" pada kolom search pada windows, lalu setelah ketemu klik desktop app tersebut, app tersebut berlogo gear. Atau bisa dengan cara tekan windows + R, lalu ketikan "services.msc" kemudian tekan enter.
  2. Setelah masuk ke services cari "Windows Update"
    Mengatasi Windows Tidak Bisa Melakukan Update
  3. Selanjutnya klik kanan dan klik properties. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini
    Mengatasi Windows Tidak Bisa Melakukan Update
  4. Lalu lihat pada kolom startup type. Jika pada kolom tersebut tertulis "Disabled" silahkan anda rumah dengan cara mengklik kolom tersebut dan pilih "Manual" setelah sudah anda rubah, klik "apply"
    Mengatasi Windows Tidak Bisa Melakukan Update
  5. Masuk kembali ke "Settings" pada windows dan coba lakukan Update.
Oh iya ketika saya sedang melakukan research untuk menulis tutorial tadi saya juga menemukan beberapa orang yang mengalami masalah lain. Permasalahan mereka adalah ketika mereka melakukan update windows update mereka berhenti atau stuck saat melakukan download. Seperti berhenti pada 50%, 32% atau 80%. Dan saya menemukan 2 cara untuk melakukannya cara yang pertama menggunakan services.msc seperti tutorial diatas dan cara kedua menggunakan commend prompt. Anda bebas memilih untuk menggunakan cara oertama atau yang kedua.

Mengatasi Windows Update Stuck atau Tidak Jalan

Cara Pertama Menggunakan Services.msc

  1. Pencet windows + R secara bersamaan untuk membuka "Run"
  2. Ketikan "services.msc" lalu klik ok
  3. Cari windows update.
    Mengatasi Windows Update Stuck atau Tidak Jalan
  4. Klik kanan kemudian klik "Stop" (Jangan tutup services.msc)
  5. Buka "Run" dengan cara yang sama seperti tadi.
  6. Isikan "C:\Windows\SoftwareDistribution" pada kolom open lalu klik "OK"
    Mengatasi Windows Update Stuck atau Tidak Jalan
  7. Hapus semua direktori dan file pada folder tersebut.
    Mengatasi Windows Update Stuck atau Tidak Jalan
  8. Buka kembali services.msc
  9. Kemudian klik kanan pada "Windows Update" dan klik "Start" untuk memulai kembali windows update.
  10. Silahkan masuk ke settings dan mencoba update lagi.

Cara Kedua Menggunakan Commend Promt (CMD)

  1. Buka Commend Prompt menggunakan kolom pencarian windows atau dengan cara windows + R kemudian ketikan CMD dan OK. (Jalankan Commend Promt (CMD)dengan mode administator)
  2. Ketikan perintah "net stop wuauserv" kemudian enter.
  3. Ketikan perintah "net stop bits" lalu enter.
  4. Setelah itu jangan tutup CMD terlebih dahulu karena akan kita gunakan lagi.
  5. Hapus semua direktori dan file pada folder "C:\Windows\SoftwareDistribution" untuk cara lebih detailnya anda bisa lihat langkah nomor 5 dan 6 pada tutorial menggunakan teknik services.msc.
  6. Setelah sudah melakukan penghapusan, kembali ke CMD.
  7. Ketikan perintah "net start wuauserv" dan enter.
  8. Ketikan perintah "net start bits" kemudian enter.
  9. Dan sekarang anda bisa mencoba kembali menggunakan windows update.
Itu dia tutorial yang saya bisa berikan pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat!

Postingan Menarik Lainnya:
Cara Mengecek Bad Sector Hard Disk Pada Windows
Mengatasi Android Tidak Terbaca di Komputer
Cara Install Whatsapp di Komputer

Author Profile

By Fikri Syahfalaq

0 Komentar Cara Mengatasi Windows Tidak Bisa Update dan Windows Update Tidak Jalan

Post a Comment

Silahkan Berkomentar

Back To Top