-->

Tutorial Cara Info Mudah

Blog yang memberikan tips, trik, cara, tutorial, info, dan lain-lain dengan cara mudah dan cepat.

3/26/2017

Kekurangan dan Kelebihan Root Android yang Wajib Diketahui Sebelum Root

 Root Android adalah proses dimana kita sebagai pengguna android bisa mengakses root di android. Sebelumnya jika kita membeli sebuah smartphone android biasanya android tersebut akses rootnya dalam keadaan terkunci.

Hal ini dimaksud supaya kita sebagai pengguna awam tidak bisa merubah sistem. Ini bertujuan untuk menghindari hal - hal yang tidak kita inginkan seperti error dan terhapusnya file di sistem.

Tetapi banyak pertimbangan yang membuat orang - orang untuk berifikir melakukan root untuk smartphonenya. Seperti menjadi bebasnya memodifikasi perangkatnya bahkan untuk memacu performa ponselnya.

Jika kamu bingung untuk memilih apakah lebih baik meroot smartphone kamu atau tidak. Kamu berada di tempat yang tepat karena kami disini akan membahasnya.

Sebenarnya jika kamu sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan jika kalian melakukan root. Hal tersebut akan mempermudah kamu untuk mengambil keputusan karena dengan begitu kalian hanya perlu untuk menyesuaikan kebutuhan kamu. Berikut ini kelebihan dan kekurangan root android.

Kekurangan Root Android

  1. Garansi Hangus

    Garansi Hangus
    Jika kalian meroot android milik kalian maka secara otomatis akan membakar garansinya. Tetapi tenang saja jika kalian unroot maka garansi bisa kembali diklaim.
  2. Mudah Terserang Malware

    Mudah Terserang Malware
    Beberapa orang mungkin berkata mana mungkin android terkena malware. Eitsss siapa bilang. Saya pernah mengalaminya akibat sembarangan memberikan akses root pada aplikasi abal - abal yang membuat ponsel saya terus menerus install aplikasi tidak berguna.

    Untuk itu jika kalian sudah root jangan sembarangan memberikan akses root kepada aplikasi apalagi aplikasi ecek - ecek.

    Jika sudah terkena hal seperti itu solusinya bisa dengan menguninstall aplikasi yang menjadi masalahnya atau jika sudah parah bisa diflash ulang.
  3. Kerusakan Pada Sistem

    Kerusakan Pada Sistem
    Hal ini bisa disebabkan karena ketika kalian mengotak - atik sistem. Sistem kalian mengalami erorr, keadaan seperti bisa membuat beberapa sistem tidak berjalan dengan baik, mengalami bootloop, sotbrick, atau bahkan hardbrick.

    Kejadian ini mungkin sering terjadi oleh para pengoprek android, tenang saja jadikan itu sebagai bahan pembelajaran.

Kelebihan Root Android

  1. Bisa Uninstall Aplikasi Bawaan atau bloatware yang Tidak Berguna

    Bisa Uninstall Aplikasi Bawaan atau bloatware yang Tidak Berguna
    Banyak orang yang mengeluh internal memori smartphone semakin banyak terpakai yang mengakibatkan penuhnya memori.

    Dengan kita meroot smartphone kita aplikasi bawaan atau bloatware yang tidak kita butuhkan. Seperti halnya Hangouts atau market vendor yang jarang kita gunakan.
  2. Memberikan Kehematan Pada Baterai dan Memperpanjang Masanya

    Memberikan Kehematan Pada Baterai dan Memperpanjang Masanya
    Hal ini dikarenakan karena biasanya para rooter mengoptimasi smartphonenya dengan cara mengcustom ROM dan Kernel di smartphone mereka. Sehingga membuat ponsel tersebut lebih irit baterainya.

    Selain itu mereka juga membuang aplikasi yang tidak diperlukan pada sistem sehingga membuat konsumsi daya menjadi lebih sedikit.
  3. Membuat Performa Meningkat

    Membuat Performa Meningkat
    Performa android kalian bisa jadi meningkat karena menggunakan tweak - tweak dari para developers.

    Yang paling populer adalah dengan menggunakan greenify karena caranya sangat mudah dan membuat kinerja hp kalian semakin ringan.
  4. Membuat Lega Memori Android

    Membuat Lega Memori Android
    Beberapa orang sering mengeluh akibat penuhnya memori internal hp android. Salah satu penyebab besarnya adalah bloatware dan juga beberapa aplikasi dari google yang berukuran besar yang tidak bisa diuninstall atau dihapus.

    Tenang saja sekarang kalian bisa menguninstall sesuka hati kalian. Jadi memori pun bisa semakin lega. Lalu selain itu kalian juga bisa menggunakan aplikasi seperti link2sd yang bermanfaat untuk memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal atau yang biasa kita sebut kartu memori. Keren kan.
  5. Menginstall Custom ROM dan Custom Kernel

    Menginstall Custom ROM dan Custom Kernel
    Ini merupakan salah satu alasan banyak orang untuk melakukan root. Saat ini banyak developers custom rom yang ada dan mempunyai banyak ciri khas dan menawarkan fitur - fitur menarik. Sebut saja custom ROM CyanogenMod.

    Selain itu Custom ROM dan Custom Kernel selain bisa mempercantik tampilan dan memberikan fitur khusus juga dapat memberikan preforma lebih pada android kalian.
Itu dia kelebihan dan kekurangan jika anda melakukan root android. Ingat pertimbangkanlah dengan baik sesuai dengan kebutuhan anda. Kalian bisa berkomentar tentang pendapat kalian soal root dikolom komentar dibawah ini. Sekian post dari saya terimakasih.

Postingan Menarik Lain:
Author Profile

By Fikri Syahfalaq

1 Response to Kekurangan dan Kelebihan Root Android yang Wajib Diketahui Sebelum Root

Silahkan Berkomentar

Back To Top