-->

Tutorial Cara Info Mudah

Blog yang memberikan tips, trik, cara, tutorial, info, dan lain-lain dengan cara mudah dan cepat.

6/27/2017

10 Kebiasaan yang Membuat Anda Terhindar dari Batuk dan Pilek

 Batuk dan Pilek adalah salah satu hal yang paling umum dialami oleh masyarakat umum mulai dari
anak - anak hingga orang dewasa.

Batuk bukan merupakan penyakit namum ia adalah gejala dari penyakit lain.
Tubuh melakukan suatu mekanisme di saluran pernapasan sebagai bentuk dari pertahanan tubuh terhadap benda asing yang masuk kedalam tubuh. Mekanisme inilah yang kita sebut batuk.

Contohnya jika kita menghirup asap maka tubuh kita akan berusaha mengeluarkan asap itu dari tubuh dengan cara batuk.

10 Kebiasaan yang Membuat Anda Terhindar dari Batuk dan Pilek

Sedangkan pilek adalah suatu penyakit yang bisa menular.
Pilek disebabkan oleh virus yang ada pada saluran pernapasan. Menurut wikipedia Orang biasanya sembuh dari pilek dalam tujuh hingga sepuluh hari. Waduh cukup menganggu aktivitas kita bukan?

Saya sering kali membaca kalimat "Mencegah lebih baik daripada mengobati" entah darimana asal mulanya kalimat tersebut.

Tapi yang pasti kalimat tersebut menurut saya benar.
Daripada anda mahal - mahal melakukan biaya pengobatan bukan kah lebih baik anda mencegah penyakit tersebut?

 Nah untuk itu disini saya akan membahas tentang 10 kebiasaan yang bisa kalian terapkan supaya kalian terhindar dari batuk dan pilek.

Yaa... walaupun tidak pasti 100% terhindar setidaknya bisa membuat anda lebih sulit terkena penyakit tersebut. Saya merangkumnya berdasarkan pengalaman saya pribadi dan dari mbah google.

1. Banyak Minum Air Putih.
Banyak Minum Air Putih

Kalo yang ini saya sudah buktikan sendiri nih guys. Air putih itu sangat bermanfaat bagi tubuh kita, salah satunya adalah meningkatakn fungsi tubuh yang berimbas pada meningkatnya kekebalan tubuh kita. Untuk lebih lengkapnya anda bisa melihat artikel tentang manfaat minum air putih dari aladokter dan kementrian kesehatan Republik Indonesia

2. Cuci Tangan Sesudah Melakukan Sesuatu.
Cuci Tangan

Sepertinya kebiasaan ini sudah diajari oleh orang tua kita dari semasa kita kecil. Kebiasaan ini memang sangat efektif sekali dalam hal mencegah penyakit karena banyak penyakit yang timbul akibat kurangnya menjaga kebersihan tangan kita karena tangan merupakan anggota tubuh yang sering sekali melakukan kontak dengan benda asing. Jadi banyak sekali kuman dan virus yang ada ditangan kita. Untuk itu biasakan lah mencuci tangan dengan benar setelah melakukan sesuatu hal dan jangan lupa mencuci tangan sebelum makan.

3. Menghindar dari Asap Rokok
Menghindari Asap Rokok

Asap rokok sebisa mungkin harus kita hindari karena selain bisa menyebabkan batuk juga bisa menyebabkan penyakit serius lainnya. Jadi jika kita sedang didekat orang yang merokok sebisa mungkin kita harus menghindari dari asapnya salah satunya adalah dengan memakai masker.

4. Menjaga Kebersihan Liang Hidung dan Rongga Mulut.

Menjaga Kebersihan Liang Hidung dan Rongga Mulut

Virus yang menyebabkan pilek sering kali masuk melalui liang hidung dan rongga mulut. Untuk itu sebisa mungkin kita menjaga kebersihannya dengan cara membasuh liang hidung dan berkumur. Untuk kalian yang beragama Islam pasti melakukan kebiasaan tersebut minimal 5 kali sehari dikarenakan wajib mensucikan diri sebelum sholat dengan cara berwudhu.

5. Isitrahat yang Cukup

Istirahat yang cukup

Bagi orang yang kurang istirahat sangat rentan tubuh mereka terkena penyakit karena ketika tubuh kita tidak memiliki waktu istirahat yang cukup sistem kekebalan tubuh kita akan menurun yang mengakibatkan mudahnya tubuh kita terkena penyakit.

6. Rajin Berolahraga
Rajin Berolahraga

Terlalu banyak istirahat alias males gerak juga malah dapat menimbulkan penyakit untuk itu kita juga perlu rajin berolahraga karena dengan berolahraga selain dapat meningkatkan kadar oksigen di tubuh kita juga dapat menghilangkan stress.

7. Tidak Memakan Junk Food.

Tidak Makan Junk Food

Sebelumnya jangan salah dalam mengartikan junk food. Supaya kalian tidak salah dalam mengartikan Junk Food baca artikel Beda Fast Food dan Junk Food dari kompasiana. Nah kita sebisa mungkin hindari memakannya kecuali memang dalam kondisi sulit menemukan makanan sehat.

8. Mengkonsumsi Makanan yang Sehat.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Jangan hanya menghindari Junk Food kita juga harus mengkonsumsi makanan sehat. Pasti kalian dulu ingat pelajaran 4 sehat 5 sempurna. Tapi tahukah anda bahwa hal tersebut kurang relavan? Saat ini kita memakai Pedoman Gizi Seimbang atau jika disingkat (PGS) yang telah dianjurkan oleh WHO. Anda bisa melihat PGS gambar diatas untuk mengatahui asupan makanan yang baik.

9. Melakukan Aroma Terapi.

Aroma Terapi

Dengan melakukan aroma terapi itu membuat kita lebih rileks dan mengurangi dari stress selain itu dengan minghirup uap kita dapat mencairkan lendir. Dengan menghirup minyak Esensial dapat menstimulasi paru - paru kita untuk mengeluarkan dahak.

10. Bersauna

Bersauna

Dengan bersauna kita dapat mencairkan lendir selain itu panas dari sauna akan membunuh virus karena virus tidak dapat hidup di suhu yang tinggi.

Oke, itu dia 10 cara untuk anda supaya terhindari dari batuk dan pilek. Jika ada yang salah mohon dikoreksi dan jika kalian punya cara lain kalian bisa share dikolom komentar. Terimakasih.

Postingan Kesehatan Menarik Lainnya
Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya
Cara Mengobati Kapalan Dengan Mudah
Manfaat Nano Spray MCI
Author Profile

By Fikri Syahfalaq

0 Komentar 10 Kebiasaan yang Membuat Anda Terhindar dari Batuk dan Pilek

Post a Comment

Silahkan Berkomentar

Back To Top